.

TANYA DOKTER

Friday 19 June 2015

APAKAH MEMBICARAKAN ORANG LAIN MEMBATALKAN PUASA?

(APAKAH MEMBICARAKAN ORANG LAIN
MEMBATALKAN PUASA? )

| Buya Yahya
Menjawab)

Assalamu ‘Alaikum WR.WB.

Buya Yahya saya mau bertanya, saya kan
sedang puasa tapi saya selalu membicarakan
orang apakah puasa saya batal, dan saya
dapat dosa tidak?
padahal saya
membicarakan kebagusan orang itu?

Wa’alaikum Salam WR. WB.

Membicarakan orang lain bukan termasuk 9
hal yang membatalkan puasa. Akan tetapi
para Ulama menjelaskan bahwa
membicarakan kejelekan orang lain
menjadikan pahala puasa yang dilakukan
akan habis. Dan tidak hanya sampai di situ
saja akan tetapi dosa menggunjing adalah
sungguh amatlah sangat besar. Jika
perzinaan adalah hina dan sangat hina maka
menggunjing adalah lebih hina dari itu
semua. Oleh sebab itu mari kita senantiasa
menjaga lidah kita dari menggunjing orang
lain. Adapun membicaran kebaikan orang lain
jika maksudnya adalah baik misalnya sebagai
contoh untuk ditiru maka hal itu adalah
seuatu yang sangat dianjurkan. Jadi
membicarakan kebaikan orang lain bukanlah
menggunjing yang dilarang, tidak
membatalkan puasa dan tidak menghilangkan
pahalanya bahkan justru menambah pahala.
Untuk keterangan lebih jelas silahkan
download buku Fiqih Praktis Puasa di
www.buyayahya.org

0 comments:

Post a Comment